Thursday, July 21, 2016

Chapter 10 - Perform Qualitative & Risk Analysis

Adanya risiko kualitatif dalam mengaji proses analisis dan mengevaluasi karakteristik risiko proyek yang diidentifikasi secara individual dan memprioritaskan risiko berdasarkan karakterisrik yang telah disepakati. Analisis risiko kualitatif mengevaluasi probabilitas dimana setiap risiko akan terjadi dan efek setiap risiko terhadap tujuan proyek.

Faktor Kritis untuk Melakukan Proses Kualitatif Analisis Risiko

  • Kesepakatan dari stakeholder proyek adalah kriteria fundamental dan yang paling utama.
  • Agreed-Upon Approach
Proses ini didasarkan pada sesuatu yang telah disepakati, pendekatan ini yang diterapkan di semua risiko yang teridentifikasi dalam setiap proyek. Dengan sifat risiko proyek, semua risiko dapat dinilai sesuai dengan kemungkinan terjadinya dan dampak pada tujuan setiap risiko.

Faktor-faktor lainnya yang dapat mendeterminasikan kepentingan adanya risiko:
  • Urgensi: Risiko yang membutuhkan respon waktu dekat dapat dianggap lebih mendesak dalam mengatasinya.
  • Pengelolaan: Beberapa risiko yang tidak dikelola dan itu akan menjadi pemborosan sumber daya.
  • Dampak eksternal untuk proyek: Sebuah risiko dapat meningkatkan pentingnya hal yang mempengaruhi perusahaan di luar proyek.


  • Agreed-Upon Definitions of Risk Terms
Penilaian risiko harus didasarkan pada definisi yang disepakati istilah penting, dan definisi tersebut harus digunakan secara konsisten ketika menilai setiap risiko.

    • High-Quality Information About Risks
    Pengumpulan informasi berkualitas tinggi tentang risiko itu sangat diperlukan. Seringkali informasi ini tidak tersedia di riwayat database dan harus dikumpulkan dengan wawancara, workshop, dan sarana lainnya menggunakan penilaian ahli.

    • Iteration
    Keberhasilan analisis risiko kualitatif ditingkatkan jika proses ini digunakan secara periodically sepanjang proyek.

    Alat dan Teknik untuk Perform Qualitative Risk Analysis Process

    • Select Risk Characteristics
    Alat analisis risiko kualitatif menyediakan cara untuk membedakan risiko-risiko yang penting untuk direspon atau analisis lebih lanjut dari orang-orang yang kurang penting. Kebanyakan alat menilai pentingnya risiko dari kombinasi probabilitas terjadinya dan tingkat dampak pada tujuan.

    • Collect and Analyze Data
    Penilaian risiko individu berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Oleh karena itu, pengumpulan data dan alat evaluasi, termasuk wawancara, workshop, dan referensi ke database dari proyek sebelumnya, memerlukan dukungan manajemen dan perhatian.

    • Prioritize Risks
    Beberapa alat mengizinkan membedakan prioritas risiko dalam hal tujuan yang terkena. Teknik untuk menciptakan keseluruhan ukuran prioritas risiko harus didokumentasikan dalam Plan Risk Management process.

    • Categorize Risk Causes
    Mengkategorikan risikodengan  tepat dapat menyebabkan peningkatan analisis probabilitas dan besarnya risiko proyek dengan tanggapan yang efektif. Memahami hubungan antara risiko dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dari probabilitas dan besarnya risiko proyek daripada jika risiko hanya dianggap sebagai peristiwa terpisah dan independen.

    • Document Results
    Informasi-informasi biasanya disimpan di dalam risk register yang sangat mudah untuk digunakan dan diperbarui dengan informasi baru.

    Related Articles

    0 comments:

    Post a Comment